Selasa, 10 Agustus 2010

mencoba me-repro

 












Jadi teringat waktu dulu jadi tukang ketik... kebetulan ada yang minta diketikkan dan ada gambar yang harus dibuat ulang, untung ada gambar yang sudah dijepret sama Rela jadi aku gak perlu repot untuk scan.. inilah gambar-gambar yg berhasil aku buat ulan. meski harus explorasi otak karena lama sekali gak menggunakan, tapi dengan sedikit sabar akhir selesai juga .. silahkan yang mau sedot.... aku ikhlas koq..

Minggu, 08 Agustus 2010

Tugas Mandiri TIKOM Kelas IX









Ikuti Petunjuk berikut :


  1. Yang harus didownload adalah (klik yg berwarna untuk download, sementara) : Internet sehat atau mirror : Internet Sehat 2 (baca seluruh materi, dan cetak hanya untuk no. halaman 12-13, 20-25, 32 -39 dari halaman yang ditampilkan. atau sewaktu mencetak masukan nilai di Print Range Pages 8, 12- 14, 18-21) cat : nomor cetak tidak sama dengan nomor tampilan.
  2. Download berikutnya : visualisasi internet (hanya untuk dimainkan, setelah dibuka dengan ms-powerpoint, tekan F5 untuk show)
  3. Cari informasi mengenai nettiquette secara uumum, nettiquette ber-email & chatting dan segala bentuk nettiquette dalam berinternet. susun dan cetaklah. Jangan lupa menyertakan sumbernya.
  4. Setelah selesai download, cetak dan jilidlah dengan memberikan cover/sampul depan (cantumkan nama dan kelas).
  5. Cetak juga gambar/foto hasil pencarian tentang rusaknya lahan bekas pertambangan batubara/pendulangan di Kalimantan khususnya kabupaten Banjar (jangan lupa cantumkan sumber /alamat webnya, nama lengkap dan kelas). boleh lebih dari satu gambar/foto. Terpisah dari e-book
  6. Ukuran cetak gambar/foto tiap gambar adalah setengah folio.


Cat. :
  1. Buku yang telah dijilid dan gambar/foto dikumpulkan pada waktu pertemuan yang akan datang..
  2. setelah diambil nilai maka buku yang telah dijilid akan dikembalikan, sedangkan untuk gambar/foto akan ditempel sebagai mading dan nilai akan masuk ke pelajaran TIKOM, IPA dan PLH
  3. Penilaian foto akan berbeda sesuai tema / judul / keunikan / kwalitas gambar.
  4. Jika mengalami kesulitan berdiskusilah dengan teman kalian. namun jika masih belum mendapatkan jalan keluar silahkan bertanya / chat dengan Guru pengajar TIKOM kelas IX baik melalui YM maupun FB.

Selamat menunaikan ibadah puasa.
Be-rela-an lah...
Mohon Maaf Lahir & Batin

Cat. : Jangan lupa meninggalkan komentar jika berhasil download. Jika belum bisa komentar langkah-langkahnya adalah :
  1. klik komentar (jika kotak komentar belum muncul)
  2. Pada box Beri komentar sebagai : pilih Name/URL
  3. Isikan namamu + kelas, URL kosongkan saja.
  4. Ketik komentarmu.
  5. Klik Post Komentar

Sabtu, 07 Agustus 2010

BEL OTOMATIS

Ada rekan yang meminta saya untuk membuat sebuah bel yang bekerja secara otomatis untuk sekolahnya. Awalnya saya menganggap bel biasa yang dikendalikan microcontroller dengan timer sesuai yang diinginkan dan berbunyi “teeeettttt”. Setelah saya sanggupi dan siap untuk membuatnya dengan berbekal solder dan ilmu elektronika yang saya miliki ternyata ada tambahan permintaan, misalnya ada lagu, ada music (instrument), ada suara bel dan peluit, ada suara kepala sekolah, ada music SKJ, tiap kelas pulangnya tidak serentak, jam istirahat tidak sama.

Dalam hati “wadooh, mateng aku…,ini pesanan atau borongan”. Waktu itu sempat mau keceplosan “nyerah aku”, untungnya keburu ngomong “sanggup aku”. Dengan sedikit pede saya katakan “apa yang gak bisa aku buat, beri waktu satu minggu untuk merakitnya”, padahal dalam benak belum tahu apa yang akan dirakit dan harus dimulai dari mana. Karena prinsip saya : “suka dan mau belajar dengan hal baru, bukan berarti semua bisa” hanya bagaimana kita berusaha belajar dan mencari tahu.

Berbekal nekat dan begadang, gak bosan saya tanya sama mbah google sampe mbah google-nya aja bingung (yang ditampilkan itu-itu saja meski keyword dibolak-balik). Akhirnya mbah google menampilkan banyak pilihan, gantian saya yang bingung untuk memilih dan mendesainnya. “Lha tau aja belum hasilnya gimana.., harus merakit dan uji coba, iya kalo hasilnya sesuai keinginan lha kalo nggak, rugi aku…(rugi waktu”. Pernah ada pemikiran juga untuk menulis program sendiri (dulu bisa sih dikit2, tapi udah banyak lupa karena jarang diasah. Tapi kan bisa tanya sama mbah google) tapi waktunya sangat tidak memungkinkan (tinggal 3 hari lagi). Dari beberapa program yang saya uji coba dan akhirnya tidak saya gunakan dikarenakan misalnya : jadwal senin-sabtu samaaaaa, musiknya tidak bisa diganti (palng banyak cuma ada 8 pilihan), Cuma bagus ditampilan tapi cara kerja tidak mendukung, kurang fleksibel, trial. Dengan membandingkan biaya, keluwesan, deadline, kemudahan dalam penjadwalan akhirnya ditemukanlah yang diidamkan. Itupun setelah uji coba selama 2 hari (48 jam gak tidur, maklum deadline + penasaran).

Dan ini bisa dikatakan bel otomatis betulan. Berikut kelebihan bel otomatis yang saya maksud (tentunya bisa anda pesan juga) :

  • Bel otomatis dapat diset berdasarkan per hari,. Misalnya hari senin – kamis berbeda dengan hari jumat dan sabtu.
  • Suara bel bukan cuma “teeeettttt”, tapi bisa bermacam-macam sesuai selera (asal jangan pedas atau manis )
  • Bisa ditambahkan suara / vocal untuk penyampaian pesan pada jam-jam tertentu mis. Pesan sebelum masuk/istirahat, berdoa dll.
  • Dapat disisipkan lagu/musik/instrument, misalnya jam sebelum masuk, saat istirahat, dan saat pulang diberi sisipan music relaksasi, baby brain atau lagu-lagu terkini. Atau hari jumat ada SKJ.
  • Tiap hari lagu/musik/intrument maupun pesan dapat diset berbeda-beda.
  • Amplifier sekaligus dapat digunakan sebagai pengeras suara untuk fungsi lain/darurat. Misalnya untuk panggilan, pengumuman atau upacara.

Kelebihan lain bel otomatis ini adalah :

  • Jika kita menghidupkan bel otomatis dan ternyata waktunya sudah lewat (karena listrik mati atau lupa menghidupkannya) maka suara yang diaktifkan adalah jadwal berikutnya sesuai jam yang sudah diset. (tidak diulang mulai dari awal)
  • Dapat memperdengarkan kembali bila ada jadwal yang terlewati (misalnya karena upacara terlalu lama dan ingin memberitahukan bahwa telah memasuki jam pelajaran pertama)
  • Bel konvensional (lonceng pukul) harus tetap ada. Jika terjadi listrik mati, karena sampai sekarang PLN belum bisa menjamin pasokan listrik lancar.
  • Tugas guru pengawas harian hanya memonitor listrik (klo listrik nyala santai..) tapi kalo listrik mati harus siap-siap pukul lonceng.

Dengan kemampuan bel otomatis seperti diatas, memerlukan proses yang lumayan panjang, misal :

  • Melakukan recording pesan-pesan yang ingin diperdengarkan. Contoh: pesan sebelum masuk, pergantian jam pelajaran, sebelum dan sesudah istirahat, sebelum pulang, doa sebelum masuk dan pulang. Dan ngedit suara/pesan itu supaya terdengar merdu inilah yang menjemukan.
  • Memasukkan jam jadwal dengan tambahan suara yang diinginkan. Ini juga membuat suntuk karena harus menyesuaikan timing yang tepat, kalau tidak ingin bel otomatis ini disoraki oleh siswa.
  • Pemasangan / instalasi bel otomatis. Ini yang menguras tenaga, karena harus mondar mandir pasang kabel dan sedikit panjat memanjat
  • Ujicoba bel otomatis, ini lah yang paling mendebarkan. Karena selain takut ada kekeliruan juga berarti sebentar lagi dapat bayaran

Dengan prinsip berusaha untuk menekan biaya serendah-rendahnya (bukan untung sebesar-besarnya), yang dibutuhkan untuk merakit bel otomatis ini juga lebih murah, jika dibandingkan bila harus merancang/merakit timer dengan microcontroller yang lumayan ruwet tetapi hasilnya cuma suara “teettttttt”, berikut antara lain yang diperlukan untuk merakit bel otomatis agar dapat bersuara lantang:

  • Satu unit CPU minimal PII, RAM 128, soundcard, keyboard + mouse + monitor (hanya untuk setting awal, berikutnya dilepas lagi juga tidak masalah).
  • Power Amplifier + Speaker corong TOA (sesuai kebutuhan)
  • Microphone with tone (bila ingin digunakan untuk panggilan dsb)
  • Kabel-kabel + clamp + isolasi .
  • Software bel otomatis (nah.. ini yang saya punya dan inilah yang dibayar ke saya karena begadang untuk setting program)

Point 1 s/d 4 tidak harus baru, tetapi bisa menggunakan milik sekolah yang selama ini digunakan. Sedangkan computer juga tidak harus satu unit hanya untuk bel otomatis ini saja , bisa juga menggunakan computer yang sudah ada (yang selama ini buat kerja) tapi dengan konsekuensi tidak boleh memainkan music atau video dan jangan sampai hang (hang boleh asal cepat direstart dan jangan sampai melewati jadwal terdekat).

Ini sedikit sharing dan iklan J. Jika ada yang berminat silahkan tulis comments atau hubungi langsung Hp. 081351635227 (Budi Eko St.)




 

pengunjung